Indahnya Air Terjun Curug Cibereum

Salah satu tempat wisata yang mau kita bahas kali ini adalah Curug Cibereum yang terletak di taman nasional gunung gede pangrango. Oh ya, salahs atu alasan kenapa saya ingin membahas curug cibereum ini yaitu ada beberapa kenangan yang pernah saya alami kesini, jadinya ya sekalian nulis juga bisa sambil nostalgia, hehe. Oke kita langsung bahas aja ya, curug cibereum merupakan objek wisata air terjun yang berada di area taman nasional gunung gede pangrango tepatnya berada di bawah kaki gunung gede dan bisa dilalui melalui jalur pendakian lewat gerbang cibodas. Meskipun melewati jalur pendakian, jangan bayangkan jalan yang bakal kita lalui seperti hutan belantara ya. Jalur yang disediakan pihak pengelola adalah jalan bebatuan yang dibentuk secara rapi seperti anak tangga, juga ada jalur jembatan kayu yang Panjang ketika melewati beberapa rawa.

Perjalanan yang dilalui dari gerbang pendakian cibodas memakan waktu sekitar 45 – 60 menit jalan kaki, tergantung kecepatan jalan kaki kita, karena jalur ke curug cibereum tidak bisa dilalui motor ya, hehe. Ditengah perjalanan kita bakal disuguhi pemandangan yang sangat indah, dengan disisi kiri dan kanan diwarnai banyak sekali vegetasi khas hutan tropis seperti pepohonan yang sudah berumur ratusan tahun, juga banyak sekali satwa seperti burung dan monyet yang silih bersahutan menyambut kedatangan kita. Kalau pas kesana kamu ga denger suara-suara mereka, kamu mungkin lagi ga beruntung ya. Selain itu, ditengah perjalanan, kita juga bisa melihat objek wisata danau atau sebuah telaga yang berwarna hijau kebiruan yang berasal dari tanaman alga yang terdapat pada danau tersebut, spot ini cocok untuk dijadikan tempat istirahat dan meregangkan kaki, juga cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

Curug cibeureum biasanya dilalui oleh para pendaki yang hendak mendaki ke puncak gunung gede, biasanya ada yang sengaja berkemah disana. Tetapi, ketika musim puncak liburan biasanya banyak sekali turis local dan mancanegara yang berkunjung kesana, jadi meskipun trek yang kita lalui adalah hutan, kamu ga usah takut juga. Selain orang dewasa, saya juga pernah membawa anak saya yang berumur sekitar 4 tahunan waktu itu, ya meskipun beberapa kali digendong, tetapi tempat ini cocok untuk dijadikan sarana untuk menambah pengalaman dan pengetahuan bagi si kecil.

Curug cibereum terdiri dari 3 curug, 1 curug besar yaitu curug cibererum sisanya curug/air terjun kecil di sisi sebelah kanan. Tetapi yang paling banyak menarik perhatian wisawatan adalah curug cibereumnya sendiri, selain lebih besar, curug cibereum juga memiliki area yang bisa dijadikan tempat istirahat dan bermain air. Saya sarankan ketika kesana wajib bawa makanan ya, karena perjalanan yang akan kita lalui cukup menguras tenaga, sehingga perut akan terasa lapar meskipun sebelumnya pernah diisi. Tetapi, kalau yang lupa bawa makanan ga usah kuatir, karena biasanya terdapat mamang-mamang pedagan asongan yang menjajakan makanan ringan, kopi panas juga mie instan disana.

Untuk fasilitias, di curug cibereum terdapat juga MCK dan mushola sehingga buat anda yang ingin bermain dan tetap focus ibadah juga ga usah kuatir ketinggalan waktu solatnya. Payung dan jas hujan tetap kami sarankan untuk dibawa ya explorer, karena selain tingginya curah hujan yang bisa kapan saja datang, juga akan banyak semburan air dari curug cibereum yang terbawa angin, sehingga jangan sampai kamu kebasahan dan kedinginan ya, cukuplah rasa dingin itu datang dari mantan explorer :D, so jangan ragu lagi buat kamu yang lagi mikir-mikir mau kemana, kami rekomendasikan kunjugi deh curug cibereum, karena selain sehat juga kamu bakal melihat pemandangan yang keren dan mudah-mudahan pulangnya membawa kenangan indah ya explorer!

Artikel : Firmansyah (Explorecianjur)

Image Credits : trip123.com

1 Comment

  • John Agustus 28, 2017 at 7:14 am

    Suspendisse non tincidunt diam, non tempor metus. Duis tincidunt leo vitae erat vestibulum, at commodo magna mattis. Quisque iaculis, erat id consectetur ultricies, enim elit lacinia metus, ullamcorper egestas urna tellus id neque.

    Balas

Leave a Comment