Wisata Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden adalah taman hijau nan indah yang luasnya hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit menjadikan kebun raya cibodas salah satu tujuan wisata utama di kawasan Cibodas. Keindahan Kebun Raya Cibodas sudah terkenal sejak lama dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara. Bahkan ahli fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went menggambarkan keindahan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu sorga dunia. Bahkan ada yang menjulukinya sebagai Taman Firdaus di Asia.

Sekilas Tentang Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas yang terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur ini. Memang tepat berada di bawah kaki gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 1.275 m dpl dan bersuhu udara 17 – 27 derajat Celcius. Bayangkan betapa sejuk dan segarnya udara di kebun raya yang satu ini.

Sejarah Kebun Raya Cibodas menurut beberapa sumber, didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Awalnya beliau membuka kebun raya ini untuk perkebunan kina. Tapi Ternyata tanah Cibodas tidak cocok untuk pohon kina. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, akhirnya kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Nah, pada saat bibit pohon kina yang datang dari negeri Belanda tiba di Batavia yaitu pada 11 April 1852 ini yang kemudian dijadikan hari lahirnya Kebun Raya Cibodas. Uniknya setiap tanggal 11 April, Anda bisa bebas masuk ke Kebun Raya Cibodas gratis. Jadi bagi Anda yang suka gratisan silahkan kunjungi Kebun Raya Cibodas pada tanggal tersebut.

Penulis : Firmansyah (Explorecianjur)

2 Comments

  • Tony Agustus 28, 2017 at 7:12 am

    Duis commodo ipsum quis ante venenatis rhoncus. Vivamus imperdiet felis ac facilisis hendrerit. Nulla eu elementum ex, ut pulvinar est. Nam aliquet et tortor sed aliquet. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Integer sit amet aliquet leo. Sed aliquam ex id turpis mattis, sit amet porta augue.

    Balas

    • Liz Agustus 28, 2017 at 7:13 am

      Suspendisse non tincidunt diam, non tempor metus. Duis tincidunt leo vitae erat vestibulum, at commodo magna mattis. Quisque iaculis, erat id consectetur ultricies, enim elit lacinia metus, ullamcorper egestas urna tellus id neque.

      Balas

Leave a Comment